3/05/2011

Cara Membuat Tampilan Label dengan Menu Dropdown di blogger.com


Menu label dalam wordpress biasa disebut dengan kategori. Label biasa digunakan untuk mempermudah pengelompokan postingan misal info lowongan itu berarti yang berkaitan dengan informasi lowongan kerja, Tutorial itu berarti yang berkaitan dengan tutorial dan lain sebagainya. Biasaya menu label adalah bawaan otomatis dari blogger.com yang berada disidebar namun dipasang enggaknya tergantung selera. bagaimana Cara Membuat Tampilan Label dengan Menu Dropdown ? tetap simak tulisan ini untuk menemukan jawabnya. Jika teman-teman memakai fasilitas label yang disediakan oleh blogger maka Tampilan menu Label untuk default nya yaitu dengan menu ul (list style). Jika label teman-teman sedikit mungkin tidak masalah untuk menggunakan fasilitas terbebut karena hanya memerlukan sedikit space di bagian sidebar. Kayak blog aku ini tidak masalah jika menggunakan fasilitas blogger karena label aku Cuma 7 tapi dikemudian hari mungkin akan bertambah karena aku akan tetap terus belajar dan akan selalu berbagi. Aku pernah membuat tampilan label menu dropdown di blog infolowongan, karena dulunya space side debarnya terbatas jadi aku bikin label dengan menu dropdown tapi sekarang sudah tidak lagi karena aku dah ganti templet baru yang sidebarnya lumayan panjang untuk menampung label aku, biarpun aku dah tidak menerapkan tampilan label dengan menu dropdown tapi biar lebih bermakna aku bagi tutorialnya tentang Cara Membuat Tampilan Label dengan Menu Dropdown.Berikut Tutorialnya :

1.Seperti biasa, Login dulu di blogger .com

2.Setelah memasuki dashboard, klik menu layout lalu pilih edit HTML

3.Kemudian dari pada itu, jangan lupa kasih tanda centang di expand template widget

4.Lalu cari kode seperti di bawah ini :

<ul>
<b:loop values='data:labels' var='label'>
<li>
<b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
<data:label.name/>
<b:else/>
<a expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>
</b:if>
(<data:label.count/>)
</li>
</b:loop>
</ul>


Seandanya tak kunjung ketemu, berarti menu label belum terpasang. Silahkan pasang terlebih dahulu kemudian dari pada itu kembalilah untuk mengikuti jejak langkah yang berikutnya. Dan jika sudah terpasang dan telah kau temukan jangan tunggu lama langsung saja ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini :


<br />
<select onchange='location=this.options[this.selectedIndex].value;'>
<option>Select a label</option>
<b:loop values='data:labels' var='label'>
<option expr:value='data:label.url'><data:label.name/>
(<data:label.count/>)
</option>
</b:loop>
</select>



Kemudian jika sudah lansung disimpan yah, dan lihat tampilan baru label anda. Bagi semua pihak yang mencoba, selamat mencoba saja semoga berhasil.

Matur suwun…….




salam hormat dariku,
widhawati

Related Posts

12 komentar:

  1. Saya mau mencoba "Cara Membuat Tampilan Label dengan Menu Dropdown di blogger.com"
    Terima kasih Mbak Widha, salam kenal.

    ReplyDelete
  2. silakan dicoba, semoga berhasil....

    ReplyDelete
  3. Asslm. Salam kenal Mbak..., manteb infonya... Blognya juga keren..., jdi pingin..., hehehehe

    ReplyDelete
  4. beck: salam kenal diterima, kalo pengen silakan ngeblog...

    ReplyDelete
  5. mksh bgt udh mau bagi ilmunya..lngsung kena ni..Blogx yahud bgtz mbak,sukses slalu..

    ReplyDelete
  6. gusti: ok sama-sama, selamat ngeblog, semoga blognya tambah yahut

    ReplyDelete
  7. selamat siang. blog nya bagus mbak. design nya dan juga info nya. kalau boleh tahu, gimana caranya buat tampilan menu seperti di atas? Home - Dariku - Tutorial - berita, etc itu ? bisa irit space dan cantik. Bisa share tutorialnya mbak ? kalau ada infonya please info . thank ya mbak.

    ReplyDelete
  8. pie: oh itu HTML pagenavigationnya tak tambahin, besok kapan-kapan aku bikin tutorialnya,sekarang laptopku lagi rusak jadi cuma bisa ol diwarnet,kalo bikin sekarang nanti billingnya teriak kemahalan....atau cari aja di google cara bikin menu di blogspot....

    ReplyDelete
  9. Mbak Widha - Makasih utk respond nya. Justru saya sampai disini krn sudah tanya mbah google. Dan dari bbrp yg saya lihat, blog mbak Widha paling OK, designnya, kontennya, dan layoutnya. Jadi mending saya tunggu aja tutor dari mbak Widha. semoga lapie nya cepet sembuh ya. sukses selalu. Thx.

    ReplyDelete
  10. pie: ya nanti kalo tidak lupa ya...soalnya udah lama gak utak-utik blog,sekarang cm postang-posting aja...masalah tampilan itu juga tergantung template yang dipakai kok, dulu aku dapat template ini juga dari google, abis itu aku modif sendiri...

    ReplyDelete
  11. hallo mbak Widha, semoga selalu sehat. gimana mbak tutorialnya utk membuat menu seperti diatas, apa sudah bisa di share? Saya tunggu loh mbak. terima kasih.

    ReplyDelete
  12. sudah pernah aku bahas, aku sampek lupa postingan edisi berapa...

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong